Senin, 08 April 2013

Masihkah Tersisakah Tempat Untukku? (Harapan Tak Berujung Tenaga Honorer)



4 digit telah keluar untuk para tenaga honorer K2. Yaitu nomor urut sebagai tenaga honorer K2 di Kabupaten Kediri. Senangkah para tenaga honorer tersebut? Bermacam ekspresi menyelimuti wajah mereka. Ada yang gembira dengan penuh harap. Sebaliknya ada yang cuek saja dan berkata “Ah, aku biasa saja”. “Kenapa sebagian tenaga honorer merasa tenang saja?”. Ternyata jawab mereka “Aku sudah capai dengan urusan seperti ini.”

Berapa tahun sudah. Para tenaga honorer (khususnya pendidik) menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran, bahkan materi walau tidak banyak menurut PNS (tetapi bagi guru honorer banyak). Setiap tahun mengajukan dan mengisi pendataan tenaga hohorer. Bertumpuk-tumpuk administrasi dibuat, mulai pengisian data, pengumpulan segala macam berkas, foto, materai, dan lain-lain. Berkumpul dengan teman senasib tidak mengenal waktu. Kadang pada hari yang telah ditentukan harus mengumpulkan berkas tersebut walau sampai larut malam.

Mengapa sampai larut malam? Inilah lucunya, untuk melengkapi segala administrasi tersebut tidak semuanya punya persiapan. Misalnya untuk kelengkapan administrasi guru, tidak semua guru rajin mengisi kewajibannya. Sehingga pada saat diperlukan, para guru “malas” pasti akan kelabakan mengerjakannya. Hingga tak jarang guru tersebut mengisi dengan administrasi fiktif.  Padahal kalau dipikir-pikir membuat data fiktif sangatlah susah. Sehingga mereka dibuat pusing dengan permasalahan sendiri. Tidak lebih karena keteledoran mereka akibat kurang tertibnya pengisian administrasi.

Begitu pendataan selesai, suasana tenang dengan melupakan “janji-janji manis” pemerintah untuk menjadi PNS. Dan kegiatan proses belajar-mengajar kembali tenang. Semua fokus pada kewajiban memandaikan anak didik.  

Tetapi begitu berita tentang pengangkatan guru honorer (K2) mencuat, baik di media surat kabar, televisi, maupun internet, membuat emosional tenaga honorer bangkit lagi. Honorer tua yang sudah puluhan tahun mengajar sudah putus asa terhadap apa yang akan terjadi. Maklum usia kian mendekati 50 tahun saat ini. Mereka pesimis, seakan tidak mampu bersaing dengan tuntutan zaman. Apalagi harus berkompetisi dengan yang muda-muda melalui tes tulis. Masih rumor, tes tulis tersebut melalui media internet. Bagaimana mungkin para guru “tua” tersebut bisa melakukannya? Karena pada dasarnya masih banyak para guru “tua” yang buta teknologi.

Kesempatan emas bagi para guru muda. Sehingga tenaga honorer “siluman” yang tidak sedikit jumlahnya bisa saja tiba-tiba ada dalam deretan tenaga honorer K2 yang tua. Jika mau transparan dengan uji publik, sebenarnya para honorer “siluman” tersebut bisa mawas diri. Benarkah mereka ada dalam jajaran K2 yang sesungguhnya?

Yang bisa menjawab adalah hati nurani oknum itu sendiri. Sementara honorer K2 tua hanya bisa bertanya dalam hati, “Masih adakah sisa tempat buatku sebagai PNS? Sementara yang muda begitu banyak bermunculan?

Retoris!

9 April 2013

3 komentar:

  1. salam kenal mbak, maksudnya honorer k2 itu apa ya? hehe

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga. senang berkenalan dengan Anda.
    Honorer K2 adalah tenaga honorer yang dibiayai oleh anggaran daerah. Pengangkatannya untuk menjadi PNS harus melalui tes dengan sesama honorer K2 (kategori 2). Sedangkan honorer K1 (kategori 1) langsung diangkat menjadi PNS tanpa tes.

    BalasHapus
  3. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja Ki Soleh Pati.
    ((( PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 085 289 336 667.
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
    (( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
    Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
    085 289 336 667.
    Pengajar:Ki Soleh Pati.
    Hp. 085 289 336 667
    Desa silobanteng-besuki-situbondo-jawa timur.

    BalasHapus

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...