Sabtu, 26 Oktober 2013

Puisi cacingan (Juara 2, Jambore UKS Kabupaten Kediri)



Aku si Rakus
         (Luluk Nur R.)

Akulah si mulus
Lentur tubuhku
Lincah pembawaanku
Orang mengatakan
Aku adalah cacing
---
Meski tubuhku setipis rambut
Kusimpan keinginan rakusku
Tuk gerogoti sari makanan dalam tubuh
Tubuh setiap orang
---
Aku bisa genit namun aku juga bisa ganas
Ku kan siap usik kepulasan tidurmu
Ku kan serang
Siapapun yang lupakan kebersihan
Salah satunya
Tangan-tangan kotor tanpa sentuhan air
Ku kan mudah letakkan telur-telur di situ
Hingga saat pegang makanan
Telur-telurku kan terbawa makanan dalam perutmu
---
Keturunanku bisa buat gatal-gatal di sekitar anus
Dialah si cacing kremi
Sementara saudaranya, si cacing gelang
Dia bisa sebabkan masalah
pada penglihatan, paru-paru, maupun
bengkak di organ lain
meskipun tak tampakkan gejala
---
Yang lebih ganas …
Dialah saudaraku si cacing pita
Dia bisa timbulkan mulas
Dia juga bisa tutupi daerah otot,
kulit, jantung, mata, dan otak
---
Hai kamu… kamu… dan kamu…
Jika kau ingin tahu sifatku
Aku paling tak suka
Jika kamar mandimu bersih
Jika kau selalu cuci tangan
Jika kuku-kukumu terawat
---
Dan jika kamu sayang aku
Kau tak perlu rutin minum obat
Kau tak perlu pergi ke dokter
Karena tentu saja akan membuatku
Takut…
Jangan… jika kau pergi ke dokter
ku pasti tak kan muncul kembali padamu
12 Oktober 2013
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...