Minggu, 16 Maret 2014

Antologi Puisi JaPo (Fadel Ilahi El-Dimiski)



  FADEL ILAHI EL-DIMISKI

Lahir di Probolinggo, 4 Juni 1976. Novel perdananya, Ustadz Play Boy, terbit pada 2010. Kumpulan puisinya, Cinta Kentut Indonesia, menyusul pada 2011. Obsesinya terangkum dalam 1111: Menulis seribu judul puisi, seratus cerpen, dan sebelas novel.
                                                                                                           Jawa Pos, 12 Februari 2012


SUPER SENJANG
Mereka haus
Mereka lapar
Mereka kepanasan dan kehujanan

Kita rakus
Kita bar-bar
Berebut kedudukan dan kehormatan.

ELEGI UNTUK NEGERI
Aku lihat masjid-masjid terapung di lautan
Adzan menggema di langit
Orang-orang salat di awan
Berdzikir di kabut kelam.

Aku dengar orang-orang berkhotbah
Di jok belakang mobil sedan
Sambil mengunyah buah durian
“Kita harus hidup sederhana!”

Maka aku lihat anak-anak belajar tawuran
Guru-guru memberi contekan
Gadis-gadis berdandan setengah telanjang
Sekolah-sekolah dirias untuk menampung pengangguran
Buku-buku tak masuk akal dijualbelikan.

Maka aku dengar pejabat-pejabat sulit makan barang halal
Seragam-seragam jumawa simbol kemewahan
Kemiskinan dan kebodohan diproyekkan
Undang-undang dipermainkan
Tangis rakyat dinyanyikan.

Aku lihat pengemis-pengemis main kasar
Aku dengar penyelewengan dimaklumkan
Aku lihat petani-petani diperbudakkan
Aku dengar kebenaran diasingkan
Aku lihat toko-toko mewah diresmikan
Aku dengar jerit tangis orang-orang tak berpenghasilan.

Aku lihat
Aku dengar
Aku benar!

ZAMAN BARU
I
Anjing bernyanyi
Kita menggonggong
Harimau mendekap
Kita menerkam
Buaya berpikir
Kita pandir
Kadal berlari
Kita melata
Sapi mengeluh
Kita melenguh!

II
Duri dan beling
Menancap di batok kepala
Saat kita menapak beriring
Di atas lempengan samudera
Hujan renai-renai
Curah ke tapak kaki

Langit cokelat
Bumi biru
Kita sudah terbang
Padahal masih berenang
Kita sedang mengerang
Padahal sudah meregang
Kita menang
Lumpur berkubang!
                       Jurang Dalam, 3 Januari 2011









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...