Kamis, 13 Maret 2014

Pramuka Manfaatkan Informasi Internet untuk AFTA 2015 (contoh pidato)



Globalisasi semakain tajam. Semua hal telah mendunia. Mulai dari sektor pertanian, pendidikan, perdagangan, dan lain-lain. Karena semakin majunya dunia informasi. Berbagai permasalahan dunia dapat kita akses setiap saat. Kapan pun kita mau. Seakan-akan dunia ada di ujung telunjuk. Tinggal tekan atau geser, ataupun klik. Keluarlah informasi yang kita pinta. Inilah salah satu kelebihan internet.

Internet merupakan salah satu media informasi. Dari internet pula kita mengetahui seluk-beluk AFTA 2015.  AFTA akronim dari Asean Free Trade Area.  Yakni merupakan ajang kesepakatan antaranggota ASEAN dalam memberlakukan perdagangan bebas. Dengan menurunkan cukai ekspor atau impor diharapkan negara-negara ASEAN bisa mneingkatkan persaingan dagang secara sehat.

Di sinilah, kita sebagai Pramuka mempunyai peran yang tak kalah penting. Kita sebagai penerus para sesepuh bisnis, harus memulai dari awal. Untuk memanfaatkan internet sebagai sumber informasi. Mengapa?

Kita merupakan pelajar SLTP. Belum mungkin untuk mendapatkan pelajaran tentang dunia bisnis. Hal tersebut akan bisa didapatkan mulai dari SLTA sampai Perguruan Tinggi. Tentu kita berharap pengetahuan yang lebih luas untuk menghadapi AFTA di tahun 2015 nanti.

Dengan berbagai informasi tentang dunia perdagangan, kita bisa mempersiapkan diri untuk mencari peluang-peluang usaha yang mendunia. Misalnya:
1.      Kita bisa mengintip kebutuhan pasar global
2.      Kita menyiapkan diri dengan sekolah yang tepat
3.      Mengakses internet setiap ada waktu senggang di sela-sela kegiatan sekolah
4.      Mempelajari dunia bisnis yang kita ingini dengan banyak membaca

Jika kita sebagai Pramuka kaya akan ilmu pengetahuan, maka kita bisa menulis ide-ide melalui media yang kita punyai. Misalnya menulis artikel melalui majalah sekolah. Tulisan-tulisan tersebut masih seputar dunia usaha. Selain itu kita juga bisa menulis melalui blog-blog pribadi. Dengan seringnya menulis melalui blog, maka kenalan kita akan bertambah. Jika kita cinta dunia usaha, pasti akan mendapatkan teman-teman seide. Dari berbagai daerah, nasional, bahkan sampai manca negara.

Kita bisa sharing dengan dengan sesama pengusaha. Sehingga wawasan kita akan bertambah. Meskipun tergolong masih sangat muda, yakinlah bahwa apresiasi pebisnis senior akan positif terhadap ide-ide kita.

Dengan harapan, semakin kita kreatif dan semangat belajar untuk hal-hal yang baru kita akan menguasai bidang yang kita ingini. Kelak jika sudah waktunya, kita tinggal menerapkan keahlian kita dalam dunia bisnis yang sesungguhnya. 

Sehingga kita siap bersaing dengan dunia luar. Karena AFTA di tahun 2015 nanti akan membuka peluang bagi siapapun untuk berkiprah secara internasional. Indonesia tidak boleh kalah dengan negara-negara tetangga. Untuk itu kita sebagai generasi muda yang tergabung dalam Pramuka, harus berani mengambil inisiatif untuk kemajuan bangsa.

Kita cari informasi-informasi bermanfaat melalui internet. Kemudian kita kembangkan dengan ide-ide pribadi ataupun kelompok Pramuka untuk sebuah kreasi produk. Produk-produk yang bisa menghasilkan manfaat. Dimulai dari yang berkualitas nol sampai menjadi kualitas yang terbaik. Bergantung pada ketelatenan kita semua dalam menekuni sebuah bidang.

Jika kita punya produk berkualitas, maka kita siap menghadapi AFTA di tahun 2015 nanti. Kita ajak teman-teman, saudara-saudara, bahkan pengusaha sukses untuk mengadakan kerja sama. Kerja sama dalam sebuah bisnis yang menguntungkan diri, kelompok, bahkan menyumbangkan pemasukan untuk negara.

Untuk itu, kita sambut AFTA 2015 dengan sebuah keyakinan dan dua kata, yaitu bahwa ternyata “Kita Bisa” . Selamat berjuang, Kawan… untuk sebuah kreativitas dalam menghasilkan suatu produk berkualitas.
---

Dibawakan oleh Fajar Nur Hakim, kelas 9 MTs. Arrahmah dalam lomba Pramuka  Jawa-Madura di Blitar. Pada akhir Januari 2014 dan mendapatkan juara 2.
                                                                                                                                                Luluk Nur R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...