Rabu, 30 Januari 2013

Madrasah “Ndesit” Pembawa Berkah




            Sempat putus asa untuk melangkah ke ajang lomba Pramuka di Blitar, Propinsi Jawa Timur. PASKAGARRA (Pasukan Pramuka Penggalang Arrahmah) Purwotengah, Papar, Kediri sempat tidak percaya diri. Di samping dana madrasah yang tipis, regu Pramuka MTs. Arrahmah tahun ini rata-rata berfisik kecil. Selain itu dilihat dari intelektualitasnya, regu Pramuka ini adalah sisa-sisa dari kelas favorit. Sehingga semua merasa pesimis dengan situasi dan kondisi yang demikian.
            Apalagi jika dilihat dari letak geografis madrasah. MTs. Arrahmah adalah sebuah madrasah swasta yang terletak di ujung desa, yaitu Desa Purwotengah, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dari jalan raya, masih harus ditempuh sekitar empat kilo meter. Sesampai di MTs. Arrahmah berjalan ke barat sekitar seratus meter sudah sampai pada Sungai Brantas. Di situ disediakan transportasi perahu sebagi perlintasan jalan antara Kabupaten Kediri dengan Nganjuk.
            Dengan demikian, MTs. Arrahmah adalah madrasah yang ada di pelosok desa. Sehingga sah-sah saja bila ada yang mengatakan bahwa MTs. Arrahmah adalah sekolah “ndesit”. Maksudnya adalah “sangat ndeso”  (terpencil atau jauh dari kota). Siapapun berhak meragukan kualitas madrasah ini. Namun selama ini segudang prestasi telah dikantongi oleh MTs. Arrahmah. Karena MTs. Arrahmah berupaya untuk menerapkan semboyan “sekolah desa dengan rasa kota.” 
            Motivasi pun bermunculan dari para alumni PASKAGARRA. Para alumni yang saat ini telah kuliah di berbagai Perguruan Tinggi. Hal ini membuat Pembina I, yaitu Kak Taofik Nahari, SPd.I dan Pembina II, yaitu Kak Ilham Akbar merasa terbantu dengan kehadiran dan dukungan mereka. Pangkalan Arrahmah harus optimis dalam mengirimkan dua regunya, yaitu regu White Tiger (putra) dan Sun Flower (putri).
            Kelelahan demi kelelahan berlatih dan melatih antara anggota regu dengan Pembina akhirnya membawa semangat baru dalam menghadapi lomba Pramuka ini. Dengan latihan yang cukup ketat oleh para Pembina dan alumni, pangkalan Pramuka MTs. Arrahmah berangkat mengikuti lomba dengan modal semangat yang cukup tinggi.
            Berbekal doa dan restu Kepala Madrasah dan para guru, dua regu pangkalan Pramuka Arrahmah berangkat  bertempur ke medan laga. Yaitu Lomba Pramuka SANGGRAPALAWA 2013 Tingkat SMP/MTs./Sederajat Regional Jawa Timur, diselenggarakan oleh Ambalan Gajah Mada Tribuana Tungga Dewi SMAN 3 Blitar pada tanggal 26-27 Januari 2013.
            Lomba demi lomba mereka ikuti dengan kemampuan semaksimal mungkin. Kelelahan tenaga dan pikiran mempengaruhi kondisi fisik yang kian melemah. Namun regu White Tiger maupun Sun Flower tetap gigih dalam perjuangan mencari prestasi di ajang ini.
            Saatnya lomba usai, berbagai perasaan berkecamuk pada seluruh peserta. Tidak terkecuali pangkalan Arrahmah, yang juga berharap untuk mendapatkan hasil terbaik. Hingga akhirnya satu demi satu kejuaraan bisa mereka bawa pulang. Membawa kebanggaan untuk MTs. Arrahmah tercinta. Hal ini sebagai wujud kepedulian mereka terhadap prestasi. Meskipun mereka tersisih dari kelas favorit, toh mereka bisa berprestasi di bidang yang lain.

http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/205778_571376359558288_979632698_n.jpg
            Oleh-oleh kejuaraan yang mereka persembahkan untuk MTs. Arrahmah adalah:
I.            Regu White Tiger:
1.         Regu Tergiat
2.         Regu Terbaik
3.         Juara I lomba Pidato Sejarah
4.         Juara I lomba Yel-Yel
5.         Juara I lomba Senam Pramuka
6.         Juara I lomba Kreasi Formasi Baris-Berbaris
7.         Juara I lomba Administrasi
8.         Juara I lomba Desain Jembatan
9.         Juara II lomba Kreasi Mading 3 Dimensi

II.            Regu Sun Flower:
1.      Juara I lomba Administrasi
2.      Juara I lomba Iklan Layanan Masyarakat
3.      Juara III lomba Senam Pramuka
4.      Juara III lomba Yel-Yel

III.            Pangkalan Arrahmah:
1.      Juara I ajang Kreativitas Seni Baris-Berbaris
2.      Juara I ajang Flash Mob
Dengan demikian MTs. Arrahmah bisa merangkak mencapai prestasi “kota” seperti halnya yang diinginkan. Sebuah madrasah di desa yang menelorkan bibit-bibit unggul dalam segala prestasi. Prestasi yang seharusnya milik sekolah-sekolah negeri, terutama yang berada di kota. Beberapa kemenangan ini merupakan anugerah tersendiri bagi siswa-siswi pada khususnya dan warga Arrahmah pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...