Senin, 22 Desember 2014

Pidato --- Galang Persatuan Pelajar MTs. Melalui AKSIOMA ---



Kata aksioma berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti dianggap berharga atau sesuai atau dianggap terbukti dengan sendirinya. Tetapi dalam ilmu matematika, kata aksioma yang juga disebut postulat, bukan berarti proposisi yang terbukti dengan sendirinya. Melainkan, suatu titik awal dari sistem logika. Misalnya, 1+1=2
Lain dengan pengertian aksioma tersebut. Aksioma yang akan saya sampaikan ini adalah aksioma yang berasal dari singkatan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah. Merupakan salah satu kegiatan yang memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan otak siswa madrasah, dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi serta kualitas madrasah. Kompetisi ini juga merupakan salah satu dari proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri.
Dengan ajang kompetisi ini diharapkan setiap madrasah memupuk kemampuan siswanya dalam segala bidang. Karena kemampuan siswa tidaklah sama. Ada kalanya siswa pandai di bidang akademik namun  tidak pandai dalam bidang seni. Juga sebaliknya, ada kalanya siswa kurang pandai dalam bidang akademik namun pandai bidang olah raga ataupun seni. Sehingga setiap pelajar akan merasa dihargai kemampuannya. Dengan demikian setiap siswa mampu memanfaatkan waktunya untuk mengembangkan diri pada bakat yang dimilikinya.
Di ajang AKSIOMA inilah, kesiapan prestasi dan mental siswa akan diuji dalam sebuah kompetisi. Kompetisi bukan berarti permusuhan. Kompetisi merupakan adu bakat untuk menumbuhkan sportivitas. Demikian juga ketekunan dan  kecermatan dalam menghadapi lawan. Sikap terbuka dan lapang dada jika belum mendapatkan kemenangan. Tetapi tidak sombong jika mendapatkan kemenangan. Bagaikan ilmu padi, makin berisi makin merunduk. Sebagaimana tersebut dalam surat Al-Isro’, 37

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا
Artinya: Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.

      Dengan ajang AKSIOMA, kita para pelajar tidak akan merasa bahwa kita punya banyak waktu luang. Karena setiap waktu kita isi dengan berbagai kegiatan. Entah itu belajar ilmu pengetahuan umum, agama, kesenian, olah raga, maupun kegiatan positif lainnya. Hingga kita kaya akan berbagai disiplin ilmu, namun tetap rendah hati.
Kita pun dapat mempererat silaturahmi dengan madrasah-madrasah lain. Meskipun lawan main, namun antarmadrasah diharapkan bisa saling menghormati. Saling menghargai. Bahkan saling sapa jika bertemu di lain kesempatan. Bukan malah menjadi musuh bebuyutan hingga terjadinya tawuran antarpelajar. Kita adalah pelajar terhormat. Karena kita dididik untuk saling menghormati perbedaan maupun kesenjangan.
Maka dengan mengikuti AKSIOMA ini, marilah kawan sesama pelajar MTs. untuk saling menunjukkan kemampuan. Kita beradu prestasi dan siap menerima segala keputusan. Tak perlu berkecil hati saat menerima kekalahan namun juga tak perlu bereuforia saat menerima kemenangan. Sehingga kita dapat menggalang persatuan pelajar antarmadrasah.

Dibawakan oleh Rahmad Abdullah
Juara ke -3 AKSIOMA dari MTs. Arrahmah Purwotengah, Papar, Kediri
21 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Apa Hujan? (Contoh teks 100 kata)

Konten             : Teks Informasi Konteks           : Sosial   Ada Apa Hujan? Musim hujan telah tiba. Terkadang di suatu daerah hu...