PELAJARAN BAHASA INDONESIA SLTP
Ø Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Ø Menentukan persamaan isi berita.
Ø Menentukan perbedaan penyajian berita.
Ø Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Ø Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Ø Menyimpulkan isi paragraf.
Ø Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Ø Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Ø Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
Ø Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Ø Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra
(puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita
anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Ø Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Ø Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Ø Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Ø Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Ø Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Ø Menulis rangkuman.
Ø Menulis teks berita sesuai konteks.
Ø Menulis slogan sesuai konteks.
Ø Menulis iklan sesuai konteks.
Ø Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Ø Menulis teks pidato.
Ø Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar
pustaka.
Ø Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Ø Melengkapi pantun.
Ø Melengkapi puisi.
Ø Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata
yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
Ø Melengkapi naskah drama.
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar